Selasa, 18 Desember 2018

Menpar Targetkan Wisatawan Tiongkok 2019 Naik Jadi 3,5 Juta

Beijing- Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya membidik 3,5 juta kunjungan wisatawan Tiongkok ke Indonesia pada 2019.

"Jika keadaan normal, saya meyakini tujuan itu terwujud," tuturnya kepada Pada di Beijing, Sabtu (15/12).

Pada 2018 Kempar membidik 3 juta kunjungan wisatawan asal daratan Tiongkok itu. Akan tetapi karena gempa bumi di Lombok disusul musibah sama yang dibarengi tsunami di Sulawesi Tengah, Kempar membuat revisi tujuan itu jadi 2,6 juta kunjungan wisatawan Tiongkok.

Baca juga: curug saderi ciasmara bogor jawa barat dan rute curug saderi

Saat periode Januari-Oktober 2018 kunjungan wisatawan Tiongkok baru terealisasi sekitar 1,87 juta.

Optimisme Menpar atas perolehan tujuan kunjungan wisatawan Tiongkok pada tahun depan dilandasi kebijaksanaan Kempar mengambil keputusan Singapura menjadi pergerakan (hub) pasar pariwisata Indonesia. "Kekurangan kita ini sedikit mempunyai penerbangan langsung. Singapura miliki 11 penerbangan langsung ke kita. Ini yang kita gunakan," katanya.

Ia memberikan contoh wisatawan dari India yang sampai tiga tahun menununggu penerbangan langsung ke arah Indonesia. Akan tetapi dengan manfaatkan hub Singapura itu, jadi dari tahun ke tahun tingkat kunjungan wisatawan India ke Indonesia naik di luar pendapat.

Baca juga: curug saderi bogor jawa barat dan curug saderi alamat

"Kunjungan wisatawan India tidak diduga melonjak melampuai Korea (Selatan) pada tahun 2017. Tahun 2018 melebihi Jepang. Dari dahulu kita ini memuji-muji Jepang. Tetapi Jepang itu belum pernah naik dari angka 500.000. Tidak diduga India naik selalu. Tahun kemarin saja India telah 500.000, sesaat Jepang tahun ini masih tetap 500.000. Karena itu India tahun depan kita proyeksikan 650.000," tutur Arief.

Program yang lain ialah jual paket wisata di harga potongan harga (hot deals). Pada tahun ini Kempar jual lebih dari 500.000 hot deals.

Baca juga: curug saderi bogor

Menurutnya, pasar wisatawan dari Tiongkok masih tetap begitu mengundang selera. Dari 120 juta wisatawan Tiongkok yang liburan di luar negeri, Indonesia baru memperoleh 2 % saja.

Pada 2017 Kempar membidik 2,5 juta kunjungan wisatawan Tiongkok. Akan tetapi karena letusan Gunung Agung di Bali, tujuan itu terealisasi kurang dari 2 juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar